Bendungan Lahor, Sumber Pucung, Malang, Jawa Timur

Bendungan Lahor terbagi menjadi dua wilayah, sebelah selatan ikut Desa Karangkates Kec. Sumber Pucung, dan sebelah utara ikut wilayah Kec. Kromengan, kedua kecamatan tersebut ikut wilayah administrasi kabupaten Malang Jawa Timur, dan berjarak sekitar 45KM kearah selatan dari kota Malang. Bendungan Lahor terletak tidak jauh dari bendungan Karangkates atau yang disebut bendungan Ir. Sutami.

 

Dari namanya agak sedikit nyleneh, entahlah, mungkin nama Lahor ini dulu sebuah dusun atau apa, saya tidak akan membahas soal nama, sedikit ingin berbagi info tentang Waduk Lahor, pemandangannya bagus, tempat nongkrong para muda-mudi terutama hari Sabtu dan Minggu, dan menjadi res area bagi pengendara yang melewati bendungan Lahor, karena kebetulan tepian waduk merupakan jembatan jalan raya yang menghubungkan Kabupaten Malang dan Kabupaten Blitar, diujung jembatan sisi barat dan timur terdapat warung/pujasera yang menjual berbagai makanan dan minuman, serta oleh-oleh khas Malang.

 
Klik bidang gambar untuk memperbesar

Bagi pengunjung yang khusus ingin menikmati wisata bendungan disediakan perahu untuk mengelilingi bendungan dan saat ini pihak pengelola telah melengkapi permainan baru yaitu Banana Boat. Selain itu bagi para pengunjung yang hobi memancing juga bisa menyalurkan hobinya.

 
Klik bidang gambar untuk memperbesar

Khusus hari Sabtu dan Minggu setelah waktu Asyar hingga dini hari, tempat ini dipadati banyak pengunjung, terutama kaum muda-mudi yang berkelompok atau juga yang sedang berpacaran, rata-rata pengunjung dari daerah sekitar, namun ada juga dari luar daerah seperti dari wilayah Blitar yaitu kecamatan Kesamben, Wlingi, Talun, Gandusari dan sekitarnya

 
Klik bidang gambar untuk memperbesar





Note: Gambar diatas saya ambil menggunakan Kodak Easy Share M531 dan Hp Lenovo