Cara flashing HP Lenovo a316i

Cara flashing HP Lenovo a316i yang mengalami penurunan performa seperti lemot, file gallery tidak dapat diakses, atau HP tidak dapat dinyalakan (hanya muncul logo Robot Android warna hijau), maka jalan satu-satunya harus di Flashing, langkah Flashing wajib ditempuh jika anda menginginkan kondisi HP Lenovo a316i tersebut bisa beroperasi dengan normal.
Istilah Flashing itu sendiri seperti install ulang OS Windows pada komputer atau laptop, karena Android juga merupakan OS (Operating System) pada HP, dan seperti kita ketahui OS Android itu ada beberapa versi.

Pertama kali dirilis Android 1.6 Donut, berikutnya Android 2.1 Éclair, lalu Android 2.2 Froyo, Android 2.3 Gingerbread, Android 3.0 Honeycomb, Android 4.0 Ice Cream Sandwich, Android 4.2 Jellybean, Android 4.4 Kitkat, Android 5.0 Lollipop dan versi terbaru saat ini adalah Android 6.0 Marshmallow.
Namun perlu diketahui bahwa tidak semua versi Android dapat di install ke HP, karena harus sesuai dengan spesifikasi HP yang akan di install.
OK, silahkan simak langkah-langkah Flashing berikut ini:

1. Unduh terlebih dahulu piranti yang akan digunakan antara lain Usb Driver Lenovo, SP-Flash Tool dan Firmware (Stock Rom Lenovo_a316i_S040_140730), link saya sediakan diakhir artikel, silahkan unduh.
2. Setelah ketiganya berhasil di unduh lalu ekstrak semua file tersebut dan tempatkan dalam satu folder, contoh : Local Disk (D:) >Folder Flashing > Folder Lenovo a316i.
3. Tahap berikutnya install terlebih dulu Lenovo Usb Driver agar Hp dapat terhubung dengan komputer saat akan dilakukan Flashing.
4. Jika Usb Driver berhasil di install langkah berikutnya buka file SP-Flash hasil ekstrak lalu jalankan file yang berjudul “flash_tool.exe” seperti gambar dibawah ini

 
Klik bidang gambar untuk memperbesar

5. Setelah SP-Flash berhasil dijalankan komputer kemudian klik Scatter-loading, dan cari file “Firmware”, perhatikan gambar dibawah ini:

 
Klik bidang gambar untuk memperbesar

Setelah semua sesuai dengan intruksi diatas maka tinggal menunggu proses flashing hingga 100%, jika tidak ada kendala maka Lenovo a316i anda sudah seperti baru lagi…
semoga bermanfaat

Link Download:

USB Driver
Flash Tool
Stock ROM Lenovo a316i